Selain Dokumen Keiimigrasian, Inilah yang harus Disiapkan Sebelum ke Luar Negeri

Selain Dokumen Keiimigrasian, Inilah yang harus Disiapkan Sebelum ke Luar Negeri

reservasi5

Source image: https://cdn.pixabay.com/photo/2017/04/21/21/38/holiday-2250010_960_720.jpg

 

Pergi ke luar negeri adalah impian banyak traveller. Di luar negeri, ada banyak kesan menarik yang sulit ditemukan di negeri sendiri. Dengan pergi ke luar negeri, kamu pun bisa menegaskan diri sebagai traveller keren.

Tapi traveling ke luar negeri sangatlah berbeda dengan perjalanan yang dilakukan di dalam negeri. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, terutama terkait keimigrasian. Selain itu, ada juga beberapa hal yang harus disiapkan sebelum memulai perjalanan ke negeri orang, diantaranya.

 

Cari Tahu Kebijakan Keluar-Masuk Setiap Negara

Kamu wajib mempelajari kebijakan keluar-masuk yang berlaku di negara tujuan. Biasanya, setiap negara punya kebijakan berbeda untuk para pendatang, baik itu kebijakan terkait bea cukai, penerbangan, keimigrasian, dll.

Beberapa negara seperti Inggris dan Amerika memiliki aturan yang sangat ketat kepada warga negara lain yang keluar-masuk negaranya. Bahkan, ada juga beberapa negara yang warganya dilarang masuk ke kedua negara tersebut. Mengetahui daftar negara yang dilarang untuk masuk ke Inggris dan Amerika sangatlah penting untuk kamu yang mau pergi ke sana. Karena dengan mengetahui daftar negara yang dilarang masuk tersebut, kamu bisa memilih penerbangan yang transit terlebih dahulu di negara selain negara-negara yang masuk daftar hitam tersebut.

Tapi tenang saja, kalau kamu mau pergi ke Inggris, ada banyak penerbangan yang transit di luar negara-negara blacklist tersebut. Salah satunya, kamu bisa menggunakan maskapai Garuda Indonesia yang transit di Amsterdam, Belanda. Selain itu, ada banyak promo tiket pesawat Garuda Indonesia yang ditawarkan agar kamu bisa mendapatkan penerbangan ke Inggris dengan harga yang lebih murah. Caranya, kamu hanya perlu cari tiket murah ke Inggris di Reservasi.com.

 

Periksa Kesehatan dan Siapkan Obat-obatan

Pemeriksaan kesehatan sebelum pergi ke luar negeri sangatlah penting. Bahkan ada beberapa negara yang tidak mengeluarkan visa buat orang yang memiliki catatan buruk tentang kesehatannya. Untuk beberapa negara yang terwabah penyakit berbahaya, kamu juga disarankan untuk melakukan vaksinasi demi menjaga kekebalan tubuh. Terakhir, kamu pun harus menyiapkan obat-obatan umum serta obat yang sesuai dengan riwayat kesehatan dan hasil kondisi terakhir saat pemeriksaan kesehatan.

 

Tukar Uang di Indonesia

Tukarlah rupiah dengan mata uang yang berlaku di negara tujuan saat masih berada di Indonesia. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot menyiapkan uang tunai saat sudah sampai di negara tujuan. Lagi pula, tidak mudah menemukan tempat-tempat yang menyediakan jasa penukaran mata uang asing ketika berada di luar negeri.

 

Itenerary

Liburan di negeri sendiri pun, itenerary jadi item yang sangat penting. Apalagi kalau kamu pergi ke luar negeri. Ini adalah paduan wisata yang bisa membuatmu tetap aman dan nyaman saat berada di negeri orang. Untuk membuat itenerary, tentu kamu harus terlebih dahulu mempelajari tentang tempat apa saja yang bisa kamu kunjungi, moda transportasi untuk mencapai tempat tersebut, dan biaya yang dibutuhkan.

 

Pelajari Musim Terbaik Untuk Berkunjung

Sebelum menetapkan tanggal keberangkatan, sebaiknya kamu pelajari terlebih dahulu kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke negara impianmu. Contohnya, kalau kamu ingin menikmati keindahan bunga Sakura yang bermekaran di Jepang, jangan sampai kamu berkunjung ke sana pada bulan Desember sampai Februari saat musim dingin berlangsung.

 

Berkoordinasi dengan Pihak Bank

Untuk kamu yang ingin menggesek kartu kredit di luar negeri, hubungilah pihak bang yang mengeluarkan kartu kredit tersebut saat masih di Indonesia. Tujuannya adalah agar pihak bank dapat membantu membuka velocity jika terjadi penolakan saat menggunakan kartu kredit pada mesin EDC yang ada di luar negeri.

Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa semua tagihan yang kamu miliki sudah terlunasi dan kartu kreditmu masih berlaku saat berada di luar negeri. Jadi, kamu bisa lebih leluasa bertransaksi di luar negeri.

Kamu pun disarankan untuk mencari tahu biaya yang akan dikenakan dari setiap transaksi negeri kartu kredit yang kamu lakukan di negara tersebut.Tujuannya agar kamu tidak salah dalam menggunakan kartu kredit.

 

Bawa Universal Travel Adaptor

Di era teknologi seperti sekarang, sudah tidak bisa dibantah lagi kalau gadget jadi satu item yang sangat dibutuhkan kapan pun dan dimana pun kamu berada. Itu artinya, gadget yang kamu miliki harus selalu bisa dalam keadaan hidup. Namun ini tidak akan terjadi kalau kamu pergi ke luar negeri hanya bermodal adaptor biasa yang kamu bawa dari Indonesia untuk mengisi daya. Ini karena adapter yang ada di negara berbeda memiliki tipe yang beragam. Kalau kamu tidak membawa internasional adaptor ini, sudah pasti gadget yang kamu bawa tidak bisa teraliri listrik. Universal travel adptor ini bisa dipakai d berbagai negara dengan tipe adaptor yang berbeda-beda.

 

Share this post

Post Comment