Reaksi Kimia Gangguan Alergi Pada Tubuh

Reaksi Kimia Gangguan Alergi Pada Tubuh

Gangguan alergi umumnya memang dapat dialami oleh siapa saja dan dalam rentan usia berapapun, baik itu bayi, anak-anak, remaja hingga usia dewasa yang menyebabkan rasa kurang nyaman memang bagi tubuh, sehingga banyak yang mengidentikkan nya sebagai salah satu bentuk penyakit. Padahal sebenarnya bukan, alergi ini sendiri adalah bentuk atau respon abnormal kekebalan tubuh manusia yang bukan melindungi melainkan bertingkah sebaliknya. Balik menyerang karena dipicu atau dipengaruhi oleh beberapa macam zat, inilah yang dinamakan sebagai zat allergen.

alergi-kulit

Dari satu orang dengan orang yang lainnya ini nantinya memiliki sumber allergen yang berbeda, ada yang berasal dari produk makanan tertentu namun juga banyak yang penyebabnya dipicu oleh substansi lingkungan, misalnya saja suhu dan juga debu. Sebenarnya wajib untuk mengenal bahan-bahan apa sajakah yang sekiranya menjadi sumber allergen pada diri Anda sebagai langkah pencegahan. Karena sebenarnya langkah pengobatannya sendiri tak ada. hanya sekedar untuk meringankan gejala yang terjadi, bukan bagian dalam menghilangkan alergi tersebut.

Karena mayoritas masalah bawaan dari tubuh tersebut memang tak bisa disembuhkan, hanya bisa dicegah, lalu sebenarnya bagaimana reaksi tubuh pada alergi ini, ketahui penjelasannya berikut:

  1. Tubuh manusia umumnya menghasilkan antibody dengan IgE ini adalah antibody yang fungsinya adalah mengikat zat-at penyebab alergi atau allergen.
  2. Kemudian ada antibody atau sistem kekebalan tubuh yang melampirkannya dalam sel-sel darah yang disebut sebagai sel mast. Sel yang satu ini dapat ditemukan pada beberapa bagian seperti saluran udara, susu atau juga bagian-bagian tubuh yang lainnya. kehadiran sel tersebut pada beberapa daerah ini menyebabkannya sangat rentan terpapar dengan allergen.
  3. Setelah saling bertemu antara sel mast dengan IgE yang sudah mengikat allergen, maka Anda bisa mulai merasakan gejala-gejalanya, yang paling umum memang terjadi di pencernaan, saluran udara hingga kulit manusia.

Sekarang Anda tau bukan bahwa gangguan alergi ini sebenarnya adalah bagian dari reaksi kimia yang ada dalam tubuh. beberapa mungkin mengira karena alergi tak bisa makan seenaknya, namun sebenarnya ada baiknya segera konsultasikan alergi sebagai bentuk perlindungan tubuh.

Share this post

Post Comment