PERBEDAAN COLOCATION SERVER DAN DEDICATED SERVER

dedi

Seiring dengan semakin  berkembangnya kemajuan teknologi dan informasi, keberadaan media yang dapat menunjang kedua hal tersebut juga semakin dibutuhkan. Di antara sekian banyak fasilitas penunjang bagi perkembangan teknologi informasi, terdapat dua media yang sangat dibutuhkan, yaitu colocation server dan dedicated server.

Anda yang tidak akrab dengan dunia IT pasti asing dengan kedua hal ini. Colocation server dan dedicated server. Nah, sekedar untuk menambah wawasan anda berikut ada sedikit uraian mengenai colocation server dan dedicated server. Dilengkapi juga dengan perbedaan di antara kedua hal tersebut.

 Sebelum membahas mengenai perbedaan antara colocation server dan dedicated server, ada baiknya kita mengetahui pengertian dari dua hal tersebut.

Colocation server. Colocation server ialah tempat yang menyediakan jasa hosting bagi perusahaan – perusahaan yang membutuhkan lokasi untuk menempatkan perlengkapan server mereka. Dengan adanya colocation server, perusahaan tidak perlu lagi membangun tempat khusus sebagai pusat data center mereka. Perusahaan juga tak perlu pusing memikirkan berbagai infrastruktur serta sarana untuk mengurus perlengkapan server mereka tersebut.

Colocation Indonesia sendiri sudah cukup banyak jumlahnya. Mereka memberikan harga yang berbeda – beda.

Sedangkan dedicated server ialah pihak yang memberikan layanan hosting dimana and dapat menyewa server tanpa harus berbagi dengan pengguna lain. Dedicated server akan memberikan anda keleluasaan untuk mengatur pemilihan hardware, sistem operasi, dan lain – lain.

Kedua layanan tersebut tentu sama – sama bermanfaat. Namun terdapat beberapa perbedaan antara  colocation server dengan dedicated server. Perbedaannya antara lain:

  • Pada colocation server, penyedia hosting hanya menyediakan tempat penyimpanan saja. Staff untuk pengoperasian tetap berasal dari perusahaan yang bersangkutan. Sedangkan dalam dedicated server, perusahaan bisa memilih apakah akan menggunakan staff sendiri atau akan menyewa staff dari pihak dedicated server.
  • Pada colocation server, hardware dimiliki oleh perusahaan sehingga colocation server benar – benar hanya sebagai tempat penyimpanan saja. Hal tersebut berbeda dengan dedicated server, dimana hardware disediakan oleh pihak dedicated server.
  • Proses instalasi pada colocation server dilakukan oleh perusahaan penyewa jasa colocation server. Sedangkan pada dedicated server, semua telah disiapkan oleh pihak dediacted server sehingga penyewa hanya tinggal memanfaatkannya saja.
  • Colocation server biasanya dimanfaatkan oleh perusahaan – perusahaan besar, karena seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa pada colocation server hardware harus dibeli sendiri oleh perusahaan dan bukan disediakan oleh colocation server. Nah, hardware tersebut biayanya tentu saja cukup tinggi dan hanya perusahaan besar yang mampu menyediakannya. Sedangkan pada dedicated server, hardware telah disediakan. Jadi perusahaan dalam skala kecilpun tetap dapat memanfaatkan layanan hosting ini.

Itulh sedikit uraian mengenai colocation Indonesia dan dedicated server. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

Share this post

Post Comment