“ Musium Pasifika : Tempat Goresan Artist Asia-Pasifik”

museum-pasifika

Kata siapa Bali hanya terkenal karena pantainya saja. Di elit Nusa Dua Bali berdiri sebuah musium seni yang indah bernama Musium Pasifika Bali. Musium ini berisi karya seni, yang bukan hanya dibuat oleh orang Indonesia saja. Tetapi juga puluhan artist ternama Internaional.

Sejarah Musium Pasifika

Pada tahun 2004, musium ini didirikan tetapi bukan sebagai musium. Pada awalnya tempat ini digunakan untuk para pecinta seni menyimpan karya seni mereka yang dahulu dinamakan Asia Pacific Art Centre.

Setelah karya seni yang dimiliki mulai membanyak ditambah sering mendapatkan kunjungan dari wisatawan. Maka jadilah pada tahun 2006 diubah namanya menjadi Musium Pasifika Bali yang didirikan oleh dua orang hebat bernamaMoetaryanto P dan Philippe Augier.

Sebenarnya The Pasifica begitu julukan kami kepadanya memiliki karya – karya seni yang lebih banyak permanen. Tetapi selalu rutin mengadakan eksibisi bukan hanya karya seni dari bali saja melainkan dari wilayah lain dan negara lain juga. Pengunjung disini rata – rata didominasi oleh para wisatawan yang menyukai seni. Dan bukan hanya mereka saja para pelajar dan mahasiswa yang ingin mempelajari lebih jauh mengenai karya seni mereka juga datang kemari.

Keunikan dan Keindahan Musium Pasifika

Selain karena berada di elit pusat Nusa Dua, Bali yang sangat strategis, yang membuat tempat ini banyak dikunjungi.Tetapi bukan hanya ada sisi keunikan dan keindahan tersendiri yang membuat para traveler wajib mengunjunginya.

Musium pasifisika ini memiliki susunan bangunan mirip bangunanan khas bali dan sedikit arsitektur jawa menurut kami. Tempat yang luas dan dikombinasikan dengan seni-seni didalamnya menciptakan kesan yang berbeda dari musium lainnya setelah Anda melihatnya.

 Musium ini banyak sekali menyimpan barang-barang yang berhubungan dengan seni diantaranya ada 600 lebih kesenian. Yang dibuat dan diciptakan oleh  200 seniman dari 25 negara. Yang disusun secara rapi disetiap bagian didalam ruangan – ruangan di musium tersebut.

Berikut kami uraikan pembagian ruangan di Musium Pasifika yang ada Nusa Dua Bali

  1. Galeri I : Seniman – Seniman Indonesia
  1. Galeri II :  Seniman – Seniman Italia yang ada Indonesia
  2. Galeri III :  Seniman – Seniman Belanda yang ada di Indonesia
  3. Galeri IV :  Seniman – Seniman Prancis yang ada Indonesia
  4. Galeri V :  Seniman – Senimana Indonesia – Eropa yang ada di Indonesia
  5. Galeri VI :  Pameran Temporer
  6. Galeri VII :  Seniman – Seniman dari Indochina Peninsula: Laos, Vietnam, dan Kamboja
  7. Galeri VIII :  Seniman – seniman asal Polynesia dan Tahiti
  8. Galeri IX :  Kesenian Premier dari Vanuatu dan lukisan-lukisan dari benua pasifik seperti karya Aloi Pilioko dan Nicolai Michoutouchkine
  9. Galeri X :  Tapa dari Oceania dan Pasifik
  10. Galeri XI : Beberapa pekerja seni asal Jepang, China, Thailand, Malaysia, Myanmar dan Filipina

Berikut kami uraikan juga beberapa Seniman terkenal yang menyimpn karya seninya di Musium Pasifika.

  • Willem Gerard Hofker
  • Theo Meier
  • Romualdo Locatelli
  • Roland Strasser
  • Miguel Covarrubias
  • Donald Friend
  • Auke Sonnega
  • Andre Maire
  • Adrien-Jean Le Mayeur

Alamat dan Cara menuju Musium Pasifika

Alamat musium pasifika  ada di BTDC Area Blok P, Nusa Dua, Bali. Untuk mencapai kesana Anda hanya perlu berjalan kaki atau menggunakan taksi dari lobby hotel kalian yang ada di Ubud Bali.

Tapi saran kami lebih nyaman menggunakan rental mobil bukannya hanya bayarannya yang di jam tidak menggunakan argo jadi lebih murah. Kalian pun dimudahkan dengan adanya driver yang selalu memberitahu cerita atau kisah tempat yang akan kalian kunjungi. Baca juga artikel selanjutnya mengenai “Devdan Show: 90 menit menyaksikan Theater Tradisonal”.

Share this post

Post Comment