Kemungkinan dan Cara-cara Menjelajahi Waktu

01-time-travel-machine

Pernah berfikiran untuk kembali ke masalalu dan memperbaik kesalahan-kesalahan yang telah kita perbuat? Jika pernah, berarti kita sama, dan mungkin semua manusia juga pernah memikirkan hal tersebut,  karena kebanykan manusia menginginkannya.

Tema tentang Time manchine atau mesin waktu ini selalu hangat untuk dibicarakan, banyak film-film yang menceritakan tentang perjalanan waktu.Sejarah mencatan ada beberapa film Fiksi Ilmiah yang mengadaptasi atau bercerita tentang mesin waktu.Seperti  Terminator (James Cameron, 1984), Back to the Future (Robert Zemeckis, 1985) dan masih banyak yang lainya.

Stphen Hawking, seorang Fisikawan cemerlang dizaman ini menulis, “Perjalanan lintas waktu pernah dianggap sebagai kesesatan saintifik. Saya pernah menahan diri dari membicarakannya supaya tidak dicap senewen. Tapi, sekarang, saya bisa lebih santai … Andai punya mesin waktu, saya akan mengunjungi Marilyn Monroe ketika ia sedang pulen-pulennya atau menonton Galileo saat ia meneropong surga. Saya barangkali akan berkunjung ke akhir alam semesta untuk mengetahui bagaimana keseluruhan cerita kosmik kita berakhir.” Dan mepunyai pemikiran dan pemahaman yang sama tentang lorong-lorong yang dapat menembus ke dimensi lain, seperti yang di lakukan Dr.Strange dalam filmnya, namun pernahkah kita  berfikir apakah hukum alam memungkinkan hal itu?

Mari kita bahas dibawah ini, misalkan

Jika seseorang benar-benar dapat kembali kemasalalunya, dan mengubah suatu kondisi missal, ketika orang tersebut pada masa kecilnya dibuang oleh ruang tuanya, dan dia berkeinginan untuk tidak dibuang dan kembali ke masa lalu untuk menguubahnya, atau bahkan dia berkeinginan untuk tidak lahir dari Rahim ibu yang tega membuangnya dengan cara mengkebiri ayahnya ? dan jika itu berhasil, jika ia berhasil mengkebiri ayahnya di masalalu, maka itu berarti dia tidak ada, tidak terlahir dan tidak pernah ada, lalu? Bagaimana mungkin seseuatu yang tidak ada mampu membuat kesakitan ?

Simple nya adalah, kita tidak mungkin dan mustahil mendahului sebab, karena Akibat atau hasil itu selalu diawali dari sebuah sebab, dan jika kita menghentikan sebab itu terjadi, maka tidak akan ada akibat atau hasil dari sebab itu.

Hawking mengiyakan tentang perjalanan waktu, tapi dia percaya hanya ada perjalanan kemasa depan, dan bukan ke masalalu, tapi… menurut penulis, keduanya tidaklah bisa dilakukan kenapa ? baik kesamalalu dan kemasa depan, kita akan selalu mendahului Sebab, karena segala yang terjadi dalam kehidupan kita ini adalah merupakan sebuah sebab, kemungkinan yang dikatakan Hawking tentang lubang cacing itu bisa dibilang hanya sebuah bualan kosong saja, karena sesuai dengan apa yang dikatakannya tentang perjalanan ke masa lalu, bahwa mustahil kita bisa mendahuli sebab, dan begitu juga dengan perjalanan ke masa depan. Jadi kemungkinan besarnya kita bisa berada di masa depan adalah 0 besar, beberapa teori yang mengatakan bahwa lubang cacing, lubang hitam dan yang lainnya bisa membawa kita pada masa depan hanyalah sebuah fiktif yang diucapkan beberapa orang penting saja.  Menilik dari sejarah, Tidur adalah satu-satunya mesin waktu alami yang pernah ada, jika kalin ingat tentang kisah Ashabul Kahfi, kalian pasti akan langsung mengerti, kemungkinan-kemungkinan yang mereka sampaikan itu hanyalah buah fikiran dan penelitian mereka saja yang sampai kini belum terbukti, soo berhenti mengejar masa depan dengan instan, berhenti mengharapkan bisa kembali ke masalalu, tapi lakukanlah yang terbaik mulai sekarang, karena itu adalah investasi kamu dimasa depan. Semakin baik kamu dimasa sekarang, semakin terjamin kamu dimasa depan, oke semangat terus yah.

 

Share this post

Post Comment