Kegigihan Tanoto Foundation Tingkatkan Kemampuan Guru

tanoto-foundation

Apa kunci dalam menghadirkan pelajaran yang berkualitas? Salah satu faktor terpenting adalah kapasitas guru sebagai fasilitator proses belajar anak di sekolah. Sayangnya, faktor terpenting ini seringkali terlupakan. Fakta inilah yang mendasari Tanoto Foundation dalam meningkatkan kemampuan para pengajar.

Tanoto Foundation yang didirikan oleh keluarga Tanoto Foundation menyadari bahwa pemerintah Indonesia memang telah berusaha meningkatkan kualitas para guru. Untuk mendukung uapay tersebut, yayasan yang digagas oleh pengusaha sukses Indonesia, Sukanto Tanoto, ini menggelar program khusus untuk meningkatkan kemampuan guru melalui Pelita Guru Mandiri (PGM).

Program PGM ini merupakan bagian dari salah satu kegiatan Tanoto Foundation yang secara khusus berupaya meningkatkan kapasitas para guru di daerah pedalaman. Cara yang dilakukan dengan menggelar berbagai pelatihan dan pendampingan terhadap guru dalam mempersiapkan kegiatan mengajar.

Tanoto Foundation mendukung guru dalam melaksanakan PAKEM. Ini adalah kependekan dari sistem belajar Partisipasi, Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Para guru diharapkan dapat menerapkan PAKEM ketika mengajar. Keberhasilannya bisa dilihat dari tingkat partisipasi anak yang tinggi di dalam kegiatan belajar.

Seperti satu wujud nyata dilakukan pada 7 September 2016 lalu di Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singigi, Riau. Tanoto Foundation menggelar Pelatihan PGM Tahap 2 yang diikuti oleh oleh 60 orang guru yang bertempat di SDN 013 Simpang Sigaruntang, Inuman dan SDN 024 Munsalo, Kopah.

Dalam kegiatan itu, Tanoto Foundation berusaha meningkatkan pemahaman guru terhadap PAKEM yang sudah mereka jelaskan. Tujuannya supaya guru mampu merancang rencana belajar yang menjadikan siswa sebagai pusatnya.

“Peningkatan kapasitas guru sangat penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Guru juga dituntut untuk melakukan pengayaan diri dalam menghadapi sistem pendidikan yang terus berkembang seperti saat ini,” ujar Kepala Unit Pelaksana Tata Daerah (UPTD) Pendidikan Kec. Benai, Hermanto seperti dilaporkan oleh Riau Terkini.

Kualitas guru di daerah terpencil sangat krusial dalam mutu pendidikan. Bagaimana tidak, fasilitas pendidikan di daerah pinggiran biasanya minim. Kondisi ini mau tak mau menuntut guru untuk kreatif mengajar dengan sarana dan prasarana yang ada. Tujuannya agar pengajaran yang dilakukannya tetap bermutu.

Hingga kini, PGM telah dilakukan secara rutin sejak 2012 dan telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 1.291 guru yang tersebar di berbagai wilayah Sumatera Utara, Jambi, dan Riau.

Sukanto Tanoto percaya bahwa pendidikan merupakan solusi pengentasan kemiskinan. Untuk itu, kegiatan Tanoto Foundation yang didirikannya sangat berfokus pada pendidikan. Selain memberi berbagai pelatihan peningkatan kapasitas pengajar seperti ini, Tanoto Foundation juga rutin memberi beasiswa Tanoto Foundation setiap tahun, serta melakukan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan juga selalu dilakukan di daerah yang membutuhkan.

Share this post

Post Comment